NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Kodim 0602/Serang Gelar Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

BANTEN.GERBANGPATRIOT.COM –  Kodim 0602/Serang melaksanakan kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana, dengan tema ” Bersama TNI Tanggal Bencana” dan sosialisasi tentang penghematan listrik yang disampaikan oleh Kabid Kepala Bidang Pemanfaatan Ketenagalistrikan Drs. Sucipto, MT, bertempat di Aula Sultan Ageng Tirtayasa Makodim 0602/Serang Kelurahan Tembong Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Provinsi Banten, Kamis (14/09/2023).

Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo, S.E., M.M. yang di wakili Oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0602/Serang Letnan Kolonel (Letkol) Inf Agus Praminto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi oleh Dinas ESDM Provinsi Banten yang bekerjasama dengan Kodim 0602/Serang.

Lebih lanjut, disampaikan Kasdim 0602/Serang, Bimbingan teknis penghematan penggunaan inergi listrik, adalah suatu
Wujud kepedulian TNI kepada masyarakat. Dengan tujuan penghematan penggunaan inergi listrik dan mengurangi dampak yang ditimbulkan, apabila terjadi musibah kebakaran. Sehingga dapat mengantisipasi dan mencegah semaksimal mungkin, kerugian akibat terjadi kebakaran disebabkan listrik.

” Sosialisasi penghematan penggunaan inergi listrik, bertujuan untuk membantu masyarakat. Sehingga memiliki gambaran penanganan, tentang kemungkinan terjadinya kebakaran akibat listrik, dengan demikian tidak ada kerugian, baik korban jiwa ataupun harga benda,” ucapnya.

Sementara itu, Drs. Sucipto, MT menyampaikan energi sudah menjadi bagian yang sangat vital, yang sering digunakan oleh seluruh masyarakat. Tetapi yang tidak kita sadari bahwa, inergi itu suatu saat nanti, lambat laun akan berkurang atau bahkan habis.

” Terobosan yang saat ini dilaksanakan salah satunya adalah,
pembangunan pembangkit inergi terbarukan, salah satunya sudah dibangun fasilitas pembangkit listrik menggunakan Solar Cell atau tenaga matahari, yang dibangun oleh pemerintah dan swasta,” terangnya.

” Respon masyarakat pun sudah sangat baik, terlihat dari secara mandiri telah menggunakan solar sel. Untuk saat ini memang penggunaan Solar Cell, masih di wilayah Tangerang,” ungkapnya.

Lanjutnya Inergi listrik saat ini masih melimpah, tetapi yang kita harus lakukan terus melaksanakan menghematan terhadap penggunaannya.

” Tentunya ini akan menjadi tugas kami, untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar selalu melakukan penghematan Inergi,” tegasnya.(Wan)

 

Sumber: Pendim 0602/Serang