NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Optimalkan Kinerja Fungsi Binmas Jelang Pemilu 2024, Ditbinmas Polda Banten Gelar Rakernis

BANTEN.GERBANGPATRIOT.COM – Serang, Dalam Rangka mengoptimalkan kinerja fungsi Binmas, Ditbinmas Polda Banten menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Binmas di Aula serba guna Polda Banten pada Rabu (20/09)

Rakernis yang bertemakan Optimalisasi Fungsi Binmas Guna Menciptakan Suasana Kondusif di Masyarakat Dalam Rangka Menghadapi Pemilu 2024 di Daerah Hukum Polda Banten di ikuti oleh 130 peserta dari Ditbinmas Polda Banten dan Polres jajaran yang di buka oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol. M. Sabilul Alif dihadiri oleh Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto serta seluruh Pejabat Utama Polda Banten

Dalam Sambutanya Wakapolda Banten Brignej Pol M. Sabilul Alif tujuan dari diadakanya Rakernis tersebut. “Tujuan dari di adakanya Rakernis ini yaitu untuk mengantisipasi disintergasi di masyarakat saya harap fungsi binmas bisa merangkul pemangku-pemangku kepentingan agar terjadinya kondusifitas di masyarakat pada saat berlangsungnya pemilu,” ujar Sabilul.

Selanjutnya Sabilul mengatakan fungsi binmas memiliki peran penting dalam menangani kondusifitas di masyarakat. “Fungsi Binmas memiliki peran penting di masyarakat untuk menangani situasi konflik dan ketegangan guna terciptanya kondusifitas serta bisa menjadi Cooling Sistem di masyarakat,” ujar Sabilul.

Sabilul juga menyebutkan Point yang harus di lakukan oleh personel pengemban fungsi Binmas. “Berikut Point-point yang harus di lakukan personel pengemban fungsi Binmas dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024 yang pertama, utamakan keamanan masyarakat dalam pelaksanaan pemilu. kedua, hindari obrolan seputar politik serta menanggapi isu isu terkait politik sehingga timbul presepsi dari masyarakat kita mendukung salah satu pihak. yang ke tiga, bantu masyarakat dalam tahapan pemilu agar dapat berpartisipasi serta berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu. ke empat, jalin kerja sama yang baik dengan instansi terkait. dan yang terakhir, selalu bertindak dengan etika dan profesionalisme serta penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Terakhir Sabilul berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius. “Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan mengerti apa yang di sampaikan oleh narasumber agar bisa di terapkan dan di rasakan masyarakat di lapangan,” tutupnya.(Wan)

 

Sumber: Bidhumas