NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Tim Monev K3 Kunjungi Kecamatan Mustika Jaya, Bantargebang dan Jatiasih

BANTEN.GERBANGPATRIOT.COM – Bekasi,  Pemerintah Kota Bekasi bersiap mengikuti penilaian Adipura 2023. Tim Monitoring dan Evaluasi K3 Kota Bekasi kemudian diterjunkan guna melakukan pemantauan program K3 yang telah dilakukan di wilayah.

Pada Rabu, 20 September 2023, Tim Monev K3 peninjauan lapangan di wilayah Kecamatan Mustika Jaya, Bantargebang dan Jatiasih. Tim Monev terdiri dari Bagian Tapem, DLH, Disdagperin, Diskop UKM, Satpol PP, Dishub, dan Bagian Humas.

Tim Monev K3 Pemkot Bekasi dari DLH Kota Bekasi, Jahrudin mengatakan penilaian Adipura direncanakan pada Desember -Januari 2024. Penilaian akan dilakukan Kementerian LHK secara random di Kota Bekasi. Untuk itu menekankan agar program pendukung penilaian K3 di wilayah lebih rutin dilakukan.

“Guna mengantisipasi penilaian akan datang, agar pihak kecamatan dapat berkoordinasi dengan dinas terkait kebutuhan penanganan K3, baik segi penanganan sampah di saluran dan di jalan, sarana prasarana pengelolaan sampah hingga penataan PKL dan sebagainya,” ucap Jahrudin.

“Tidak ada P1, atau P2, Tim akan terjun ke sasaran. Dan terutama yang paling diperhatikan terkait sampah liar di wilayah,” sambungnya.

Penilaian K3 di wilayah Mustika Jaya terlihat cukup baik dalam penanganan sampah liar yang berada di Cimuning dan Mustikasari. Di wilayah Mustikasari sampah berasal dari warga yang lewat dan membuangnya ke lahan petak sisi jalan Mustikasari.

Kepala UPTD LH Mustika Jaya, Bapak Rabu mengatakan pembersihan sampah pada saluran juga dilakukan guna mengantisipasi banjir. Pihaknya bersama UPTD DBMSDA bekerjasama membersihkan sampah saluran di perumahan BTR yang memanjang hingga 1 Km. Volume sampah yang dikeruk setara 10 mobil truk sampah.

“Penanganan sampah di kali BTR telah dilakukan dan pada Jumat ini giliran Kali Siluman di Dukuh Zamrud. Kemarin sudah berkoordinasi dengan Kepala UPTD, Pa Teguh rencana hari Jumat pembersihan kali Siluman. Sampah diangkat dan kita yang angkut ke TPA,” ucapnya.

Pada kegiatan Monev K3 di Kecamatan Bantargebang dilakukan diskusi dan peninjauan lapangan bersama Sekcam Bantargebang Adventus Pardosi, dan Kasie Pemerintahan Bantargebang Dedy M.

Sementara di kecamatan Jatiasih, Tim Monev K3 diskusi dengan Sekcam Jatiasih Irob Ruhyadi dan Tim Monev meninjau pasar Jatiasih dan Bank Sampah Perumahan Sakura Regency.(Wan)

 

Sumber: Humas