NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Polda Banten Gelar Latihan Simulasi Pengamanan VIP/VVIP Protection Calon Presiden dan Wakil Presiden

BANTEN.GERBANGPATRIOT.COM – Serang, Jelang Pemilu 2024, Polda Banten menggelar pelatihan simulasi pengamanan VIP/VVIP Protection Presiden dan Wakil Presiden pada Selasa (10/10) sekitar pukul 09.00 WIB.

Latihan tersebut dihadiri oleh Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dede Rojudin, Kabagdalops Biroops Polda Banten AKBP Kamdiyah beserta Pamen dan Pama Polda Banten diikuti oleh 700 personel Polda Banten dengan melibatkan personel dari berbagai satuan kerja khususnya Satbrimob dan Ditsamapta.

Pada kesempatannya Kabagdalops Biroops Polda Banten AKBP Kamdiyah menyampaikan tujuan dari dilaksanakannya pelatihan simulasi pengamanan VIP/VVIP Protection Calon Presiden dan Wakil Presiden tersebut. “Hari ini kami menggelar latihan VIP dan VVIP Protection Calon Presiden serta Wakil Presiden jelang Pemilu tahun 2024, tujuanya untuk memastikan para personel siap menghadapi tugas nyata saat kampanye di wilayah hukum Polda Banten,” ujar Kamdiyah.

Kamdiyah juga menegaskan bahwa tugas personel Polda Banten ke depan akan lebih berat terlebih saat memasuki tahapan-tahapan Pemilu 2024. “Tugas Polda Banten ke depan pasti lebih berat, sehingga personel perlu dipersiapkan sejak dini melalui latihan-latihan rutin dan pembinaan fisik secara terus menerus,” ujar Kamdiyah.

Kamdiyah mengatakan penampilan perdana dalam simulasi kali ini masih menjadi gambaran umum bagi para personel. “Penampilan perdana ini masih bersifat umum, dalam kondisi nyata, bisa saja personel berhadapan langsung dengan situasi yang tidak kondusif seperti mendorong, melempar personel dengan batu dan benda keras lainnya, sehingga dalam latihan inilah mental personel perlu dipersiapkan, dan perbaikan-demi perbaikan yang perlu dilakukan untuk kesempurnaan dalam pelaksanaan pengamanan VIP/VVIP Protection Presiden dan Wakil Presiden yang sebenarnya,” kata Kamdiyah.

Kamdiyah mengatakan pentingnya personel memahami bagaimana cara bertindak dalam setiap tahapan situasi yang ada, seperti pergeserannya dari situasi kuning menuju kondisi merah. “Personel harus paham apa yang dimaksud situasi kuning dan bagaimana cara bertindak yang benar, serta apa yang seharusnya dilakukan personel pada peningkatan eskalasi hingga situasi merah yang di tandai dengan kondisi anarkis, personel dipastiakn tidak ragu dalam bertindak jika latihan terus menerus dilakukan” ujar Kamdiyah.

Terakhir Kamdiyah mengatakan pengecekan rutin terhadap peralatan dan kendaraan bermotor yang akan digunakan dalam tugas juga penting dalam pelaksanaan pengamanan VIP/VVIP Protection Calon Presiden dan Wakil Presiden. “Untuk personel yang memegang kendali terhadap setiap kendaraan bermotor dan peralatan dinas, agar tidak lalai untuk selalu mengecek setiap komponen kendaraan dan peralatan dinas tersebut, sehingga dipastikan dapat bekerja baik saat digunakan,” ujar Kamdiyah. (Wan)

Sumber: Bidhumas